Basic Principles and Supporting Pillars

Prinsip dasar SI secara umum mengacu kepada undang-undang yang berlaku di Indonesia. Nilai-nilainya tidak bertentangan dengan ideologi negara kita Pancasila. Sedangkan visi dan misi SI mengarah kepada visi dan misi lembaga pemerintah terkait, yaitu: KemenKumHam, KemenRistekDikti dan KemenDikBud. Segala kegiatan diupayakan untuk menunjang program kerja pemerintah bidang ilmu pengetahuan dan penelitian.

Pilar yang menjadi penunjang Scientific Indonesia adalah sebagai berikut:

A. Pilar Komunikasi

Mengkomunikasikan pengetahuan adalah bagian dari pendidikan dan pengembangan kemampuan. Era digital ini memungkinkan kita untuk mengkomunikasikan IPTEK dengan lebih cepat, sistematis, dengan tingkat keamanan tinggi. Kesempatan ini jika digunakan secara maksimal dan didukung oleh regulasi pemerintah dan iklim yang kondusif dapat memberikan benefit yang besar bagi kemajuan keilmuan, bangsa dan negara Indonesia.

B. Pilar Networking

Indonesia adalah negara dengan sumber daya yang besar. Di tengah-tengah pertumbuhan global dan implikasinya terhadap kepentingan-kepentingan dunia pendidikan dan industri di tanah air, Scientific Indonesia hadir sebagai simpul yang memperkokoh jejaring dan menjadi mediator IPTEK.

C. Pilar Profesionalitas

Peneliti adalah sebuah profesi, maka profesionalisme dalam dunia IPTEK sangat diharapkan. Profesionalisme dalam penelitian menjunjung tinggi ilmu alam, ilmu sosial, ilmu teknik maupun teknik terapan sebagai modal untuk berkarya.

D. Pilar kode etik ilmu pengetahuan

Aktivitas ilmiah berkaitan erat dengan aspek kemanusiaan. Untuk itu tujuan utama pengembangan IPTEK haruslah demi kepentingan kemanusiaan. Perubahan mindset ke arah berwawasan luas diharapkan dapat mendorong berubahnya kebiasaan pengambilan keputusan supaya lebih berdasarkan logika-logika umum (knowledge-based action) dan didukung latar belakang keilmuan (guided by science). Dengan demikian ilmu dan etika bersinergi membentuk pribadi berkarakter dan berintegritas.

E. Pilar kode etik penelitian

Aktivitas penelitian sudah seharusnya memegang etika penelitian yang berdasarkan objektivitas, profesionalitas dan penghormatan terhadap hak dan kewajiban intelektual. Setiap komunitas dan masyarakat IPTEK termasuk kami turut mendukung program penelitian yang berintegritas.